Selasa, 11 Agustus 2015

koleksi kerusakan tv lcd/led sharp

koleksi kerusakan tv lcd/led sharp
 
LCD TV Sharp Aquos “LC-32L4071″ Mode K , No Signal
    problem :
LCD Sharp Aquos 32 inc mengalami kerusakan pada sistem penerimaan, dimana tidak ada satupun siaran televisi yang bisa di terima. Kita coba untuk memprogram ulang secara automatis, tetap saja hasilnya sama hanya raster saja yang tampak pada layar monitornya.

Model LCD TV Sharp :


http://www.hamimservis.com/wp-content/uploads/2013/09/DSC00678-300x2251.jpg


Dimanakah letak trouble-nya? Segera kita selidiki:


Penerimaan siaran televisi selalu menggunakan Tuner sebagai media-nya, apakah pada LCD ini kerusakan ada pada Tuner-nya.Untuk memastikannya kita mesti melihat proses tuning dan melihat pergerakkan tegangan tuning pada Tuner. Caranya adalah dengan menggunakan multitester dengan batas ukur DC50 volt, dan tempelkan prob merah pada kaki Tuner no 7 dari sebelah kiri , biar mudah bisa dilihat pada gambar berikut:


http://www.hamimservis.com/wp-content/uploads/2013/09/DSC00675-300x225.jpg


Disini kita melihat adanya tegangan tuning yaitu dari 0 sampai 32 volt , jadi sudah jelas tuner tidak mengalami kerusakan. Pada layar monitor LCD kita melihat adanya huruf K yang ada di pojok atas sebelah kiri, mungkin ini penyebabnya yang membuat televisi tidak bisa menerima siaran. Ternyata memang benar data setting mengalami perubahan, pada bagian AGC-nya . Parameter option kita melihat angka 255 untuk AGC, maka kita coba merubahnya ke angka 9 selanjutnya kita coba hidupkan LCD-nya ? Hasilnya Alhamdulillah LCD sudah bisa menerima siaran.


Mode K bagaimana untuk menghilangkannya  ? Untuk ini kita bisa memakai kode tombol Vol – dengan tombol input ( source )  di Panel control secara bersamaan sebelumnya LCD TV harus dalam keadaan mati. Jadi kita tekan dahulu kedua tombol, setelahnya barulah kita masukan aliran listriknya.


Bagaimana untuk membuka Parameter mode K ? Untuk ini kita tekan tombol Vol- dengan Program –  di panel control secara bersamaan lalu masukkan aliran listriknya , nantinya akan timbul servis menunya. Permasalahan yang timbul jika Mode K lagi on? Jika kita mencoba fungsi Reset dalam menu , hasil yang kita dapatkan Suara tidak bekerja dengan normal.  Jika kita tekan tombol volume suara yang dihasilkan langsung besar/ hanya ada 3 pilihan suaranya kecil -sedang -besar . Untuk mengembalikan seperti awalnya kita mesti menghilangkan Mode K -nya.

       kesimpulan : solusi untuk mengatasi problem seperti ini yaitu dengan mengubah data setting AGC-nya



Lcd Tv Sharp Aquos lampu indikator hanya kedap - kedip

    problem :
 LCD TV Sharp Aquos LC-32M400M-BK jika kita masukkan aliran listrik hanya terlihat lampu indikatornya saja yang berkedap-kedip, kita coba tekan tombol power sama sekali tidak ada tampilan gambar apalagi suaranya.
    Apakah yang menyebabkannya ? Segera kita selidiki :
Lampu indikator yang terlihat kedap-kedip saat kita masukkan aliran listrik sekilas memberi pemikiran kemungkinan adanya masalah dibagian PSU ( power supply unit ) , ada indikasi tegangan output dalam kondisi tidak stabil. Setelah kita lepaskan casing bagian belakang dengan jelas kita lihat rangkaian PSU dengan kondisi komponen yang masih baik, poin ada di Capasitor filter .
Tahap lanjutan yang bisa kita lakukan adalah dengan membuka servis menu, kemungkinan ada error sehingga terjadi kasus kerusakan seperti ini. Cara buka servis menu / mode K adalah :
 1 Matikan / lepaskan aliran listrik
 2 Tekan tombol Vol – serta Input di panel control/ bukan di remote.
 3 Masukkan aliran listriknya
 Setelah kita lakukan langkah ini kini lampu indikator sudah tidak kedap-kedip dan LCD TV Sharp sudah bisa hidup, tapi setelah kita matikan lewat remote atau lewat panel semuanya kembali seperti semula/ kedap-kedip lagi lampu indikatornya. Jadi semakin jelas ada masalah di data setting, maka kita coba restore ,caranya :
 Dalam mode K tekan tombol vol – serta prog – di panel control, nantinya akan keluar menu/ option, setelah
tampil pilihan kedua yaitu area ( asia) tekan tombol ok di remote dan kita diamkan sampai terlihat tampilan ok di layar LCD -nya. Kini kita matikan LCD TV Sharp melalui remote dan kita coba hidupkan kembali hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal.
 Ada sedikit perbedaan dari model yang sebelumnya, biasanya kalau dalam kondisi mode K jika kita matikan LCD-nya akan tetap tampil jika kita hidupkan kembali LCD-nya. Untuk model ini tidak berlaku, jika mode K sudah kita buka maka dengan kita matikan LCD-nya maka mode K akan hilang dengan sendirinya / tidak tampil lagi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiZ0Z4_8UvCUR9-N70quP3JOYOxuNbO3VNBXkVkszHsia6C346RcLbGD1ePTQvNDXU7_-eidue15iZnfEFgBht4rnJhv1X-Ytj8p77DsyNXICMF6Vc1KOGYwELvj0lb32b6R_qBOExXr3n/s640/model-lcd-tv-sharp-aquos-lc32m400m-bk-300x225.jpg
       kesimpulan : solusi untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan cara me-restore data settingnya




SHARP Aquos LCD TV LC-32A39I pada mode AV (AV5) tidak muncul gambar, tetapi suara normal. (SOLVED)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiZEzxAUN-0HWOvSJ1uHw_lSvqP9j_9JKc7o1KnoPM68adAItOFxtzIYb9NlJC53ukjr-ShPGz0204q8F3EjInTz6sztJIII4xqGV_Arwh_7qP0X0Xb-S_Urb4l2Gh4DE2Z-BrD9df5-OQ/s1600/lcd3.jpg


Langkah - Langkahnya sebagai berikut :
Buka data service sharp , sblm mencolokan tv tekan 2 tombol p+ dan v- bersamaan, lalu nyalakan sambil tekan kedua tombol tadi tahan sampai sermod keluar.. 
cuma untuk masuk ke service mode TV aquos ini beda dengan Tv sharp yang CRT caranya sbb:

1. Cabut stecker power dari PLN

2. tekan tombol volume - dan tombol input pada tv, bukan pada remote, colok stecker ke stop kontak PLN, tahan sampe ada Tanda "K" pada pojok kiri atas layar.

3. lepas tekanan terhadap tombol Vol - dan tombol input.

4.tekan tombol volume - dan CH +, service menu akan tampil.

5. hati-hati..! jangan sampe ngacak-ngacak settingan yang ga perlu disetting.. Unit bisa mati.








LCD Sharp Aquos 32” byar-pet 3x kemudian kembali st-by


KASUS :
·                     LCD Sharp Aquos 32”
·                     Kalau dihidupkan raster hidup-mati byar-pet 3x kemudian kembali mati stand-by (led idikator merah menyala).
·                     Jika tombol power ditekan maka kejadian sama selalu terulang lagi. Jadi bukan mati protek.


PEMERIKSAAN :
·                     Pada model ini board inverter menjadi satu dengan board power supply.
·                     Pemeriksaan secara visual maupun menggunakan esr-meter tidak menemukan adanya elko yang gembung atau rusak.
·                     Demikian juga pemeriksaan tegangan-tegangan pada bagian power suply tidak menemukan masalah.
·                     Cek tegangan pada konektor “Inverter on-off” selalu tetap pada posisi “H” tidak berubah walaupun lampu backlight hidup-mati
·                     Coba di cut jalur “ERROR” dari bagian Inverter ke bagian Main-board, pesawat dapat menyala terus (indikator led hijau nyala terus) dan suara tatap ada.
·                     Kesimpulan problem pada bagian Inverter atau mungkin Lampu backlight ada yang problem.


PEMERIKSAAN BAGIAN INVERTER dan LAMPU BACKLIGHT :
·                     Pada saat backlight menyala, tegangan pada output tranfo inverter hampir sama semuanya (cara ukur, baca artikel no.5 di bawah!)
·                     Buka dari bagian depan untuk melihat nyala lampu backlight. Semua nampak nyala normal dan tidak ada tanda-tanda pada salah satu lampu yang gosong atau kedip.
·                     Kesimpulan problem pasti pada bagian sirkit Inverter, tetapi bukan karena protek.


SOLUSI :
·                     Kecurigaan kami jatuh pada ic inverter driver BD9883.
·                     Tetapi untuk mengukur tegangan-tegangan pada kaki-kaki ic ini tidak mungkin, sebab berada pada bagian bawah board.
·                     Maka kami mempunyai ide cara untuk mengukur tegangan-tegangan tersebut. Pada setiap kaki yang ingin kami ukur tegangan kami pasang (solder) sebuah kabel dengan panjang secukupnya, dengan tujuan nanti tegangannya dapat diukur pada ujung kabel satunya lagi.
·                     Ketika semua kabel sudah tersolder dan pesawat kami coba…….ternyata pasawat sudah “BAIK” dengan sendirinya sebelum kami mencoba ukur tegangan-tegangannya.
·                     Wallahualam………..mungkin karena penyolderan-penyolderan kabel pada kaki-kaki ic maka semuanya menjadi beres……..walaupun ini menyisakan tanda-tanya……jangan-jangan nanti problem kambuh lagi.
·                     Perlu running test yang lama…..untuk memastikan problem tidak kambuh lagi.


No pin kaki-kaki yang kami beri kabel yang rencananya akan kami ukur.
clip_image002Gambar bukan skema aslinya (hanya untuk membantu memahami)


·                     No.1 DUTY = kontrol on-off (dari main-board)
·                     No.8 FB = menerima umpan balik dari lampu backlight untuk mengatur agar nyala inverter stabil
·                     No.9 IS = menerima umpan balik dari lampu inverter sebagai OCP (over current protector)
·                     No.10 VS = menerima umpan balik dari lampu inverter sebagai OVP (over voltage protector)
·                     No. 11 STB = kontrol stand-by (dari main-board)
Hasil pengukuaran saat lampu backlight menyala normal pada kaki BD9883 :
·                     DUTY = 2v
·                     FB = 1v
·                     IS = 0v
·                     VS = 1v
·                     STB =3v






LCD Sharp Alexander 22” hidup sebentar terus mati


KASUS :

·                     LCD Sharp Alexander 22” MODEL LC22L10
·                     Jika dihidupkan (led nyala hijau) da raster nyala sebentar, kemudian terus mati sendiri dan lampu led nyala merah.
·                     Jika tombol power ditekan lagi, maka kejadian seperti diatas akan terulang lagi.
·                     Setelah diulang 3 atau 4 kali achirnya pesawat akan mati protek dan led merah kedip 2x secara berulang. Pesawat baru akan dapat dihidupkan lagi setelah colokan listrik dilepas terlebih dahulu.

SOLUSI :


·                     Led merah kedip 2x kalau Sharp LCD hal ini menunjukkan problem pada bagian inverter.(blingking code sharp aquos lcd)
·                     Saat backlight menyala coba dilakukan pengukuran tegangan-tegangan pada kapasitor output tegangan tinggi setiap tranfo inverter (ada 4 buah output). Pengukuran dilakukan pada kapistor milar yang berhubungan dengan pin-1 diode D8 seperti contoh gambar dibawah. JANGAN MELAKUKAN PENGUKURAN PADA PIN-4 TRANFO INVERTER ATAU PIN-1 CN2 KONEKTOR LAMPU BACKLIGHT, KARENA TEGANGAN SANGAT TINGGI !
·                     Ternyata hasilnya salah satu tranfo tegangannya ada yang lebih rendah dibanding dengan ke-3 tranfo lainnya.
·                     Pada tranfo yang bermasalah ketika coba diukur resistansinya pada pin-3/4, ternyata lebih besar jika dibanding dengan ke-3 tranfo lainnya
clip_image002Gambar bukan skema sebenarnya (hanya untuk memudahkan penjelasan saja)
·                     Pada kasus ini kami coba putus jalur ERROR dari pcb Inverter ke Main-pcb (posisi pada kabel konektor yang dekat ground), ternyata pesawat dapat hidup terus, ada suara dan lampu led tetap nyala hijau terus,  tetapi lampu backlight tetap mati lagi sehingga raster menjadi gelap
·                     Kesimpulan problem disebabkan kerusakan pada salah satu tranfo inverter yang menyebabkan over-current protek (OCP)



Sharp Led LCD 22LE420 mati
KASUS :
·                     Led LCD Sharp 22LE420, problem mati
·                     Tetapi setelah kami amati….saat dicolokkan listrik led indikator merah nyala sekejap……hal ini seperti menunjukkan pesawat pada posisi “power on”

LANGKAH-LANGKAH PEMERIKSAAN:
·                     Cek tegangan power supply - semua normal (5.8v dan 24v sesuai sesuai dengan service manual).
·                     Beruntung ada skematik diagram-nya
·                     Pertama pelototi skema bagian power Regulator, dan buat beberapa catatan berapa tegangan “masuk” dan berapa tegangan “keluar” dari masing-masning ic regulator serta  nomor-2 pin In-Out masing-masing IC.
Disini terlihat :
·                     Tegangan 5.8v dari power suply - dirubah menjadi 3.3v untuk St-by menggunakan  U7102 (unswitch)
·                     Tegangan 5.8v dari power suply juga dirubah menjadi 5.3v (di-switch on-off oleh mikrokontrol)  menggunakan Q7104
image
image

Selanjutnya tegangan 5.3v diturunkan menjadi beberapa macam tegangan dan digunakan digunakan untuk :
·                     Menjadi 3.3v menggunakan U7101- untuk Vcc bagian digital dan analog
·                     Menjadi 1.2v menggunakan U7103 – untuk Vcc bagian analog
·                     Diturunkan menjadi 1.2v menggunakan U7104 - untuk VccK chip ic
·                     Diturunkan menjadi 5v menggunakan U7105 – untuk Tuner
·                     Diturunkan menjadi 1.8v menggunakan U7106 - untuk DDRam
image
image
image
image
 image
Semua catatan telah siap….
·                     Maka langkah selanjutnya adalah “mencari lokasi” letak semua komponen-komponen yang akan diukur tegangannya. Ternyata tidak mudah untuk menemukan lokasi masing-masing ic, disebabkan beberapa ic regulator phisiknya hanya “sebesar butir beras”
·                     Kemudian baru dilakukan pengukuran-pengukuran tegangan. Karena bentuk komponen yang kecil-kecil – maka untuk mempermudah pengukuran, ujung probe merah kami pasang “potongan jarum pentul”
·                     Hasil pengukuran – menemukan problem pada U7104 tegangan outputnya drops ………alias rusak.
·                     Coba suntik tegangan 1.2v pengganti U7104 menggunakan power supply dari luar……..pesawat langsung Joooosssssss…….nyala normal

SOLUSI AKHIR:
·                     Karena kesulitan untuk mendapatkan part pengganti - maka sebagai solusinya kami buatkan regulator down converter menggunakan LM2596 ADJ.



image










Sharp LCD LS22L50M mati – di-power tidak mau nyala
KASUS :
·                     Sharp LCD LS22L50M
·                     Problem mati – power tidak mau nyala

PEMERIKSAAN :
·                     Cek bagian power suply OK – ada tegangan-2 keluar dari bagian sekunder . Kalau tidak salah adalah 20v, 40v, (-) 12v
·                     Cek kaki X-tal ic besar tidak ada tegangan – hal ini menunjukkan tidak ada tegangan Vcc untuk st-by pada ic besar

Karena model ini tidak memiliki skematiknya…..maka langkah pertama yang kami lakukan adalah mencari data ic-ic regulator yang terpasang pada model ini melalui “datasheet4u.net” , yaitu
·                     Power suply menggunakan ic STRW seperti Tv tabung, tanpa sirkit PFC
·                     BD9781 merupakan ic switching penurun tegangan dari 20v ke 12v (power suply board)
·                     RSS050 ic switch on-off tegangan dc……tegangan ???? (power suply board)
·                     BD33KA5 ic regulator tegangan 3.3v untuk st-by (kontrol board)
·                     BD18KA5 ic regulator tegangan 1.8v untuk st-by (kontrol board)
·                     IJ9AK……tidak menemukan data……..tetapi kalau tidak salah merupakan ic regulator, karena mendapat input 12v dari BD9781 dan outputnya di-inputkan ke DB33KA5 dan BD18KA55. (kontrol board)

Setelah data terkumpul baru kami lakukan pengukuran-pengukuran. Hasilnya adalah :
·                     Tidak ada tegangan st-by 3.3v dan 1.8v pada output regulator BD33KA5 dan BD18KA5
·                     Tidak ada tegangan input pada BD33KA5 dan BD18KA5
·                     Ada tegangan input 20v pada BD9781dan ada tegangan keluaran 12v
·                     Ada tegangan input 12v pada ic IJ9AK tetapi tidak ada tegangan keluaran

SOLUSI :
·                     Berdasarkan hasil pengecekan dan analisa - IC IJ9AK rusak, karena ada tegangan input 12v dan tidak ada tegangan output
·                     IJ9AK kami coba cangkok menggunakan 7805 (……..tapi yang benar semestinya 7809)……….hasilnya….tegangan st by 3.3 dan 1.8v langsung ada.
·                     Pesawat di- power - led hijau langsung nyala……dan sebentar kemudian layar menyala………..coba pasang antenna…. gambar dan suara langsung joooooosssssss……..




Sharp LCD LC32M400 lampu indikator-merah hanya kedip-kedip
KASUS :

·                     LCD Sharp LC32M400
·                     Problem lampu indikator merah hanya kedip-kedip tidak mau start (hidup)

Yang sudah dilakukan :

·                     Upgrade bios……..tidak ada perubahan
·                     Cek tegangan  pada pin konektor IP-board :  tidak ada tegangan BL-on, Inverter-err ada tegangan
·                     Tegangan dc-dc converter untuk  stand-by 5v dan 3.3v pada Kontrol-board semua normal, dan cek pakai osiloskop tidak ada ripple.
·                     Cek tegangan-tegangan dc-dc  lainnya bisa hidup sebentar saat di-on-kan pertama kali, tapi  trus menghilang.
·                     Bolak-balik pelototi service –manual dan skemanya……………Tetapi analisa masih membingungkan………..yang rusak bagian Kontrol-board atau IP-board


Akhirnya “phone a friend alias minta bantuan teman” ……..mas Sarif electronic-clinic : Diberi informasi bahwa model ini kalau Inverter error sampai 5x akan menyebabkan mikrokontrol terkunci.  EEprom harus di “clear” dulu  agar mau dihidupkan lagi.


SOLUSI :

·                     Menggunakan remote asli.
·                     Tekan tombol “TV/Video”  dan  “VOl-down” pada panel LCD secara bersamaan kemudian baru colokkan listrik, dan tunggu sampai indikator hijau menyala dan pesawat menyala
·                     Akan muncul huruf “K” pada layar. Dan disini akan terlihat bahwa telah terjadi error sampai 5x.
·                     Tekan tombol “Chanel-down” dan “Vol-down” pada panel LCD untuk masuk ke menu selanjutnya.
·                     Tekan-tekan terus-menerus tombol  “Chanel-down”  sampai diketemukan item “EEP CLEAR”
·                     Pada item ini rubah “off” menjadi “on” .......kemudian tekan tombol “ENTER” (pada remote)….selesai
·                     Matikan LCD dan hidupkan lagi………………………..dan ternyata langsung dapat hidup normal, tetapi chanel kok masih kosong  (mungkin ini gara-gara di-Upgrade atau EEP di clear)………………….Lakukan Auto-program…….dan beressssssssssss.

Tapi kasus ini belum  kami anggap tuntas. Timbul pertanyaan…….berarti LCD ini sebelumnya Inverter sering error???……………tentu ada penyebabnya???.  Maka agar kerusakan tidak "terulang"............. yang kami lakukan adalah :
·                     Periksa secara solderan visual bagain Inverter – dan re-solder bagian-bagian yang mencurigakan 
·                     Kabel Inverter-error dari IP-board ke Kontrol-board kami putus – dan  di-ground-kan lewat R 1K. Tujuannya agar sistim Inverter-error tidak kerja.

Catatan :
Mungkin aja suatu saat anda mendapat kasus seperti ini – tetapi  belum tentu dapat langsung nyala normal. Hal ini disebabkan kerusakan pada bagian Inverternya. Maka inverter harus diperbaiki dulu (tanpa disambung ke Kontrol-board) dengan cara diberi tegangan pada kontrol BL-on.


Sharp indikator merah hanya kedip-kedip
Lama gak pegang Sharp…….jadinya sasar susur…kesasar kesana-kesini kebingungan….butuh berjam-jam …….walaupun achirnya selesai juga
·                     32LE240….dicolokan listrik led indicator merah hanya kedip-kedip dg jeda sekitar 1 dtk.
·                     Pertama coba flash bios dulu…hasilnya sama saja (kesasar ke1…mestinya hal ini tdk perlu dilakukan)
·                     Kedua masuk sermod : tekan bersamaan tombol panel INPUT + Vol down kemudian colokkan listrik…..indikator bisa nyala hijau….tetapi layar tetap gelap.
Curiga lampu backlight tidak nyala.
·                     Cek bagian Inverter…ketemu sebuah diode short.
·                     Ulangi lagi masuk sermod…….sekarang layar bisa nyala……dan ada tampilan huruf “K”
·                     Jadi ingat…kalau Sharp backlight tdk nyala….kemudian coba dihidupkan ber-ulang2….maka kalau dicoba sampai 5x akan menyebabkan “error lamp”, dan akibatnya “pesawat tdk dpt dihidupkan”.
·                     “Error lamp” mesti di matikan dulu…agar pesawat bisa normal lagi.
Sudah bisa masuk sermod sampai muncul huruf “K”….tapi kelanjutannya lupa/bingung……….sehingga berulang2 setelah pesawat bisa nyala masuk sermod, pesawat selalu mati sendiri lagi………(kesasar yg ke 2…)
IMG_0135
·                     Buka-buka catatan : ketemu rumusnya….setelah muncul huruf “K”….seharusnya segera tekan tombol panel “Chanel down + Vol down” secara bersamaan, dan achirnya pesawat bisa nyala terus.
·                     Akan muncul pilihan OPTION
·                     Pilih OPTION halaman 9/10 dengan tombol “Cursor up/down”
·                     Disitu akan ketemu pilihan item “L err stop” dengan nilai data “0”………pilih dh tombol Chanel up/down)………..Rubah data “0” menjadi “1”
·                     Atau “Err reset” dengan data “off” dirubah menjadi “on”……….tekan “enter”
·                     Matikan pesawat….hidupkan lagi….pesawat kembali normal….beressssssssss.

IMG_0137Lewat service mode akan dapat dilihat jika Inverter pernah error sampai 5x, kelimanya mesti dihilangkan atau direset.


122 komentar:

  1. mau tanya kalau tv nyala tapi gambar berubah satu warna jadi pink , itu masalahnya apa (apa ada masalah di RGB)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bisa respon karena ada ganggung
      gambar jadi PiNk kemugkinan soket LVDS kurang bersih atau sudah jamuran gan

      Hapus
  2. met siang gan, saya mau tanya TV AQUOS LED 32lE240M, suara ada Gambar Blank hanya ada lampu putih nyala.
    sudah dicek sama teknisi sharp, kata beliau panelnya Rusak, Bisa gak diperbaiki mohon solusi gan .
    saya baru beli 3.5th.

    Trima kasih, sukses gaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bisa espon
      panel ada yg bisa di repair ada juga yg haus ganti panel display untuk bisa di ripaer atau tidak pelu di cek dulu gan timksh

      Hapus
  3. met siang gan, tv lcd 32inch panasonic saya pas dinyalakan lampu indikator kedip kedip hijau trus merah restarst sebentar trus kedip2 hijau lagi...seterusnya spt itu. bisa kasih sarangan gmn benerinya??

    BalasHapus
  4. Slmt mlam mas, tv saya sharp 32inch led model lc-32le100m tdk nyala sama skli
    Awalnya nyala trs stop kontak di cabut stlh itu di nyalakan lg tdk ada reaksi, lmpu power jg gk nyala sama skli
    Tlg sarannya mas, gmn solusinya??? Tks

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. tipe lc32le240m layarnya kadang sering getar gk jelas. atau buram kenapa ya cara ngatasinya gimana.

    BalasHapus
  7. Om biar bisa mode k di tipe lc-24le155m gmna cranya, tv ga mau nyala lampu indiktr dri merah bisa ijo, tpi layar hanya berkedip sarannya gmna

    BalasHapus
  8. mau tanya mas.. LCD TV Sharp Aquos saya awalnya muncul garis garis horizontal 3buah.. hari berikutnya bertambah mjd 8 garis.. hari berikutnya blank cuma hitam tapi ada suaranya.. mohon pencerahannya.. trimakasih..

    BalasHapus
  9. salam kenal kang......
    Toshiba led32pb201ej dg keluhan gmbar polos putih terang garis2 suara nrmal, mhon pncerahan nya........?????????/

    BalasHapus
  10. numpang tanya om. tv sharp aquos saya klo start lama kenapa y? saya tekan tombol power di remote lampu indikatornya nyala warna hijau tapi gambarnya lama sekali munculnya.mohon pencerahanya om...

    BalasHapus
  11. Numpang nanya gan, sharp aquos LC-32M407I-BB kalo sudah nyala sekitar 1/2 jam muncul kata temperature warna merah di kanan bawah layar dan setelah itu mati nyala sendiri dan terus berulang...Mohon pencerahanya om....? terima kasih

    BalasHapus
  12. Mas minta solusi tv led sharp aquos lc-24dc50m
    gambar ada cuma suara tidak ada sama sekali_saya udah cari pengaturan saya reset ulang hasil tetap tidak ada suara,mohon penjelasanya terima kasih

    BalasHapus
  13. Salam sukses gan..
    TV Sharp Aquos sy, pd layar ada garis horisontal putih tipis dr atas sampai bawah dg interval yg sama. Jika layar diraba pd garis tsb terasa kasar seperti bekas goresan. Bagaimana memperbaikinya gan, terimakasih.

    BalasHapus
  14. Salam sukses gan..
    TV Sharp Aquos sy, pd layar ada garis horisontal putih tipis dr atas sampai bawah dg interval yg sama. Jika layar diraba pd garis tsb terasa kasar seperti bekas goresan. Bagaimana memperbaikinya gan, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerusakan pada lapisan polarin ,, perbaikan bisa di ganti panel display , atau juga bisa dengan pengantian polarisnya saja ,,,

      Hapus
  15. Sore gan, mau nanya dong tv sharp aquos type LE820 layarnya gelap tapi suara ada. Itu masalahnya knp ya gan?cara perbaikinya gimana?Thank you.

    BalasHapus
    Balasan
    1. layar gelap bisa karena lampu BL rusak
      atau juga bisa Inverter bl tidak menyala ,, /

      Hapus
  16. Tegangan dc output psu tv led sharp aquos 32 type: LC-32LE265M berapa ya ? Mau ganti pakai gacun, tapi tak tahu referensi buat ngaturnya.makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bisa di kirim pic psu nya mas ,,,
      kalau rata" volt yg pertama nyala 12volt ,,,

      Hapus
  17. min saya mau nanya tv nya mati sendiri, setelah dicabut kabel nya disambung lagi ke arus listrik, hidup lagi gk lama selang beberapa detik mati lagi sendri.
    kitu knapa ya min. tv sharp aquos

    BalasHapus
  18. Tanya aquos led 32inchi tiba2 nongol garis horizontal hitam kecil kadang berubah warna 5 biji di layar bagian bawah/ garis kira2 segede2 lidi, kira2 rusak apanya ya Gan, makasih sebelumnya

    BalasHapus
  19. Maaf mau tanya sharp aquos led 32 inci tipe lc-32le265i lampunya cuma kedip2 merah kaya stanby gitu, kira2 rusak apanya ya min.
    Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. *merah kedip-kedip bisa juga kerusakan di MB
      coba cek ic flas atau upgred ulang ,

      Hapus
  20. Mau tanya mas, tv lcd sharp aquos saya cuma ada suara dan gambarnya blank, ketika ganti chanel kembali normal dan gak lama blank lagi gambarnya. Masalahnya dimana yah ?

    BalasHapus
  21. Ini mas.. kata mas kan pas di kolom kedua yg asia pencet oke di remote.. trus matiin.. kok malah gak respon di remote saya pas mencet powernya ya.. trus.. saya cabut aja colokan listriknya..sekarang kalo ngidupin tv , saya harus tekan dan tahan tombol vol- dan prog- terus barulah saya colokin kabelnya.. gak bisa pake remote lagi ngidupin nya.. -_-

    BalasHapus
  22. mas tv sharp aquos led lc32le347i saya kena petir tapi kabel power dh say matiin di ksh power dh gk nyala sam sekali kira2 penyakit nya knapa ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kerusakan kena petir harus di cek dlu ya pak ... kalau prediksi semntara rusak bagian regulator( PSU) yang sudah sering bterjadi ..

      Hapus
  23. malm mas, Aquos saya Model LC32M30D: kalau di on hidup normal se tengah jam kemudian muncul bintik atau strip seperti kalau tv kena splater radio cb, muncul periodik dari seperempat layar sampai penuh biasanya lalu mati sendiri. tapi kalau dingin ilang seperti semula. bgmn solusi? trimakasih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. klau untuk kerusakan seperti itu harus di cek dlu ya pak ,, namun untuk oprediksi sementara kerusakan bisa terjadi di psu bisa di karenakan volt kurang stabil
      trimkasih

      Hapus
  24. Met siang mas. Tv led sharp 24inci saya..power nyala,layar gada gambar sampai lama baru ada gambar. Apa masalahnya?dan bagaimana cara supaya bisa balik normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau boleh tau UNIT led nya model berapa ya mas ,, 'kalau indikator mnyala hijau ada dua kemugkinan bisa dikarenkan lampu BL oFF atau juga bisa kerusakan frimware di mainboard ..

      Hapus
    2. ASS,,GAN,tv led sharp LC_24LE155M ane kan kedip merah trus,,,nah ane tahan input + tombol min vol,,,,koq malah jadi ijo standby + merah kedip(dobel yg nyala)sedang layar hanya gelap bercahaya

      Hapus
  25. Met siang mas. Tv led sharp 24inci saya..power nyala,layar gada gambar sampai lama baru ada gambar. Apa masalahnya?dan bagaimana cara supaya bisa balik normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau boleh tau UNIT led nya model berapa ya mas ,, 'kalau indikator mnyala hijau ada dua kemugkinan bisa dikarenkan lampu BL oFF atau juga bisa kerusakan frimware di mainboard ..

      Hapus
  26. dokter lcd tv lokasi di Batam bs kontak sya 082282689886

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pg min lam knal.. mo nanya ni tv sy polytrn led pld32D758
      Hbis kn petir sy ganti pw suplay.
      Krg tv dah on tpi lednya gak mau nyala alias protek.. hanya saat di onkan inverternya naik smpe 22v lalu turun lg ke 12v.. tpi tv tetap on dan gambar ada..
      Mon dibantu ya makasi

      Hapus
  27. Selamat sore,LCD Sharp saya 32 Inch nyala selama bberapa detik lalu standby, saya sudah ganti power Unit, masalah ada di mana ya ?. Mhn advisenya.. Sheva

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke klau boleh tau model UNIt LCD nya model berapa ya mas ,, klau prediksi semntara kerusakn bisa di bagian INvertel BL / bagian lampu BL trimkasih

      Hapus
  28. LED sharp AQUOS LC-40LE265M saya mati mendadak..saya beli tv ini sebelum lebaran 2 hari..saya sdh coba cabut kabel kontak,masih gitu2 aj gak ada perubahan..sampai2 saya mengulangi cabut kabel kontak berkali-kali...sebelumnya sih gak ada masalah apa2..lama kelamaan kok suka mati sendiri..mohon petunjuknya ya my bro..nuhun pisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk kerusakan mati sendiri ada berbagi macam penyebab pak ,, bisa dari frimware di mainboard, power suplay kurang stabil, bisa juga lampu BL sudah kurang bagus

      Hapus
  29. Maap mas saya mw tanya tv lcd sharp saya keluar garis hitam tp cuma segaris z.ap penyebab'a y mas pdhal tv hanya pagi dihidupkn pas mlm dihidupkn keluar garis hitam.mohon beritahu solusi dan penyebab'a y mas ..terima kasih

    BalasHapus
  30. oke
    garis yg di maksud vertila line / horisontal line nya ,, dan mohon maaaf kalau bisa di cantumkan model/seri tv nya bosa saya bisa lebih mudah memprediksi kerusakan ,,

    BalasHapus
  31. mas tv aquos lcd lc32A66M tidak muncul gambar hanya warna biru. tp suara ada dan bs dipindah-pindah chanelnya. mohon petunjuk nya ya gan? mksh sebelumnya.

    BalasHapus
  32. biru nya bagai mana mas .. kurusakan biasaynya di panel diplay ,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas mohon bantuannya.. TV LCD Sharp Model LC-32LE107I Lampu indikator kedap kedip, mengikuti saran diatas lampu sdh on kmbali, siaran ada, tpi muncul K dilayar dan suara menjadi 3 model, sdh mengikuti petunjuk diatas tpi yang buat bingung bagaimana cara menyeting AGC nya.. muncul menu tpi tdk ada tulisan AGC..

      Hapus
    2. coba di baca lagi sesuai yg di atas ibu , kode negara juga harus sesuai ASIA,

      Hapus
    3. Sama mas punya akuada huruf k nya unk ngilangin kan tekan input ada di mna ya posisinya? Trus aku tekan vol - sama program - bersamaan a dengan posisi TV nyala yg ada malah mati total tv-nya 😭

      Hapus
    4. Sama mas punya akuada huruf k nya unk ngilangin kan tekan input ada di mna ya posisinya? Trus aku tekan vol - sama program - bersamaan a dengan posisi TV nyala yg ada malah mati total tv-nya 😭

      Hapus
  33. Tv sharp aquos saya lama baru bisa nyala... Mohon solusinya mind...!!!

    BalasHapus
  34. Selamat malam tv lcd sharp aquos saya gambarnya ada warna2 hijau, ini kerusakannya dimnanya ya, dan cara memperbaikinya dan solusinya gimna ya...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. DOMINAN Warna hijau maksudnya ../
      kalau domina hijau kerusakan global biayanya di panel display coba cek bagian control panel(t-con ) bersihkan dan solder ulang ,,

      Hapus
  35. Gan kalo tv sharp model lc-24le155m lampu indikator nya cuman kedip-kedip kenapa ya? Apakah sama penyelesaiannya dengan yg diatas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. siang gan baru respon< kerusakn kedi2 di krena FW rusak gan ,,

      Hapus
  36. Malam mas mau nnya tv LED sharp aquos model LC-32DX2881 lampu indikatornya kedip2 mas,tp d cba dgn cara tkn tombol vol+input nyala tv nya tp d layar tvi nya muncul garis strip 3 bh d sudut kiri atasnya nah gx lama hilang gmbrnya tp suaranya ada di cb hidupin lgi pake remotnya gx mau nyala lg lmpu indikarorny yg malah kedip2,mohon solusinya mas trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. *kerusakan di bagian panel display gan
      *solusi Ganti panel display teruz riset sesuai yg tertulin di Blog gan trimkasih

      Hapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Pak saya mau nanya. Jadi saya punya tv tabung merk DIGITEC nah ketika semalam itu saya tekan tombol power belum lama setelah itu saya langsung tekan tombol off tanpa menekan kembali tombol power. Lalu besok harinya saya ingin menyalakan kbali tv nya ternyata ga nyala layarnya dan saya sudah tekan tombol powernya dan lampu indikator power juga udah mati tapi tetap ga nyala layarnya.
    Itu kenapa ya dan gimana cara nyalain nya lagi?
    Terima kasih

    BalasHapus
  39. Pak saya mau nanya. Jadi saya punya tv tabung merk DIGITEC nah ketika semalam itu saya tekan tombol power belum lama setelah itu saya langsung tekan tombol off tanpa menekan kembali tombol power. Lalu besok harinya saya ingin menyalakan kbali tv nya ternyata ga nyala layarnya dan saya sudah tekan tombol powernya dan lampu indikator power juga udah mati tapi tetap ga nyala layarnya.
    Itu kenapa ya dan gimana cara nyalain nya lagi?
    Terima kasih

    BalasHapus
  40. Pak saya mau nanya. Jadi saya punya tv tabung merk DIGITEC nah ketika semalam itu saya tekan tombol power belum lama setelah itu saya langsung tekan tombol off tanpa menekan kembali tombol power. Lalu besok harinya saya ingin menyalakan kbali tv nya ternyata ga nyala layarnya dan saya sudah tekan tombol powernya dan lampu indikator power juga udah mati tapi tetap ga nyala layarnya.
    Itu kenapa ya dan gimana cara nyalain nya lagi?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru respon
      *kerusaka
      di bagian regulator
      *solusi cek TR regulator dan FIUS PSU nya trimkasih

      Hapus
  41. maaf mau tanya saya punya LED sharp aquos model LC-24LE175I,,, di led saya keluar mode K dan tidak bs hilang meskipun sudah di cabut kabel listriknya,,, saya menggunakan cara VOL- dan INPUT di panel secara bersamaan tidak bs karena tombol kontrol di panel berbentuk gulir.... Apakah ada solusinya ???
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru respon
      *solusi Upgred sofwere dengan alat bantu ( RT809,EZP2010 dll)
      trimakasih

      Hapus
  42. Saya punya tv LED Sharp Aquos tipe Lc-32le345m , gambar bagud tapi tidak bisa tvnya tidak mengeluarkan suara . kalau boleh mohon solusinya . Terimaksih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. khusus type 32le345 kerusakn no soud karena ic croma nya rusak
      *solusi harus ganti main PCB
      trimkasih

      Hapus
  43. Maaf sebelumnya...saya mau nanya ni gan..
    Tv sharp saya aquos 32'' LC32L400M-BK jadi di layar tv ada bercak putih terus beberapa hari kemudian bercaknya nambah lagi itu kira2 kenapa ya gan?...apa perlu ganti lcd nya ?...terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru respon gan,
      ea gan harus ganti panel disply biasanya dikarenakan cairan ,(air dll)

      Hapus
  44. Maap mas saya mw tanya tv lcd sharp saya keluar garis hitam tp cuma segaris z.ap penyebab'a y mas pdhal tv hanya pagi dihidupkn pas mlm dihidupkn keluar garis hitam ditengah vertikal.mohon beritahu solusi dan penyebab'a y mas ..terima kasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang" maaf saya bru bisa respon kerusakan biasanya di bagian panel disply ( bisa karena lembab,di lap dengan air,atau juga bisa korosi)
      *solusi cek bagian LVDS coba bersihkan kalau tidak berhasil pengantian harus satu set panel display

      Hapus
  45. mau tanya,,kalau tv LG tabung rusak,tidak terima siaran tapi muncul angka 33333 dalam kondisi merah bisa d perbaiki? karena pada saat sya pencet list d remote keluarnya hanya angka 33333 dan berwarna merah dari angka 0 - 99,, angka 33333 sebelah kiri, sebelah kanan baru angka 0 - 99. atas respon nya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang,kalau di liat dari keterangan ibu kerusakan tv nya bisa di karena data Memory korup( rusak) atau juga karen tuner recivernya nya rusak karena teganggan tinggi ( petir) trimkasih .

      Hapus
  46. Bagaimana memperbaiki kerusakan pada TV LCD/LED SHARP LC22 LE 420, gambarny bergetar kesamping & berlipat-lipat vertikal spt kue lapis di seluruh canel siaran tv, suara normal, komponen apa saja yang rusak? Tlg solusi nya gan, atas bantuannya. tks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. gambar bergetar kesamping ,, biasanay kerusakan di Panel display ,, untuk solusi perbaikan harus di ganti 1 set panel display agan ,,

      Hapus
    2. gambar bergetar kesamping ,, biasanay kerusakan di Panel display ,, untuk solusi perbaikan harus di ganti 1 set panel display agan ,,

      Hapus
  47. Mas mau tanya led sharp 32 sy yg ada speaker pemakaian bqru 6 bulan tapi kemarin pas lagi nyala ada garis horizontal biru segaris lalu sy coba masukan flashdisk lalu hilang kembali garis birunya mohon pencerahan nya apa itu pertanda kerusakan akan lebih parah gan.. Tlg dbantu gan,terimakasih

    BalasHapus
  48. Mas mau tanya led sharp 32 sy yg ada speaker pemakaian bqru 6 bulan tapi kemarin pas lagi nyala ada garis horizontal biru segaris lalu sy coba masukan flashdisk lalu hilang kembali garis birunya mohon pencerahan nya apa itu pertanda kerusakan akan lebih parah gan.. Tlg dbantu gan,terimakasih

    BalasHapus
  49. iya gan jika masih garansi segera bawa ke service cnter sharp karena ada gari termasuk kerusakan fatal (panel display )

    BalasHapus
  50. Tv saya Sharp LC-24le155M. Restarnya semakin lama hingga 1 jam baru nyala setelah tekan POwer. Klo sdh nyala ngga ada masalah biarpun digendang-gendang. Dgn masalah yg sama Sdh 3x masuk service senter garansi. Kini sdh habis garansi masalah timbul lagi. Tlng kasih tau solusinya.

    BalasHapus
  51. Tv saya Sharp LC-24le155M. Restarnya semakin lama hingga 1 jam baru nyala setelah tekan POwer. Klo sdh nyala ngga ada masalah biarpun digendang-gendang. Dgn masalah yg sama Sdh 3x masuk service senter garansi. Kini sdh habis garansi masalah timbul lagi. Tlng kasih tau solusinya. Kalau bisa wa saya 08125191576

    BalasHapus
  52. Tv saya Sharp LC-24le155M. Restarnya semakin lama hingga 1 jam baru nyala setelah tekan POwer. Klo sdh nyala ngga ada masalah biarpun digendang-gendang. Dgn masalah yg sama Sdh 3x masuk service senter garansi. Kini sdh habis garansi masalah timbul lagi. Tlng kasih tau solusinya. Kalau bisa wa saya 08125191576

    BalasHapus
    Balasan
    1. khusus model LC-24le155M. jika hudup terlalu lama biasanya kerusakan di bagian MB pak ,, ( frimware) mugkin bisa di ganti IC SPI dan Upgred ulang , dengan alat bantu Flash SPI trimkasih ,,

      Hapus
    2. khusus model LC-24le155M. jika hudup terlalu lama biasanya kerusakan di bagian MB pak ,, ( frimware) mugkin bisa di ganti IC SPI dan Upgred ulang , dengan alat bantu Flash SPI trimkasih ,,

      Hapus
    3. Ya... Terimakasih atas infonya,,,, dan sdh dapat aku perbaiki barusan, syukur hanya frimewerenya aja... Di install ulang melalui plashdisk restar OK kembali'

      Hapus
  53. Tampa buka box kopernya, hanya lewat menu service tombol-tombol menu input bersamaan.

    BalasHapus
  54. Gan mau tanya, tv lcd sharp kedap-kedip trus berubah warna biru,putih,merah,kira"itu rusak apanya ya gan..makasih

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. ass,saya mau tanya tv saya lc24le155m,kalau dicolokkan ke stop kontak langsung nyala lampu indikatornya lama2 muncul suara dan gambar bintik2 harus di program ulang,baru ada gambar normal,saat dimatikan tekan power gambar hilang layar gelap tp lampu indikatornya
    tetap hijau.lalu muncul lg gambar bintik2 dan harus program ukang buar muncul gambar dan seterusnya.kira2 apa penyebabnya? terimakasih.

    BalasHapus
  57. selamat pagi pak , TV saya LC32LE150M, tiba" mati trus inikatornya merah kedip", sudah saya coba tekan bersamaan tombol panel INPUT + Vol down kemudian colokkan listrik…..indikator bisa nyala hijau….tetapi layar tetap gelap.
    itu rusaknya apa ya pak?
    inverter dan PSU itu sama ato beda ya pak?
    terima kasih

    BalasHapus
  58. Malam gan mau tanya tv lcd sharp dinyalain keluar gambar truss mati lauarnya tapi suara normal apanya ya gam mohon bantuannya trims

    BalasHapus
  59. Malam gan mau tanya tv lcd sharp dinyalain keluar gambar truss mati lauarnya tapi suara normal apanya ya gam mohon bantuannya trims

    BalasHapus
  60. Mas tolong dong tv saya sharp aquos 32 inci, dilayar tidak muncul tulisan menunya, tolong bantuannya. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  61. Mas tolong dong tv saya sharp aquos 32 inci, dilayar tidak muncul tulisan menunya, tolong bantuannya. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  62. Mas mautanya saya punya tv led 40, sudah saya reset, ko layar nya tidak nyala, lampu indikator nya sudah warna hijau, apa nya rusak nya?

    BalasHapus
  63. gan, tv lcd sharp LC24LE5071 kena petir, klo di colok ke pln,Mcb langsung jeglek. itu kena jalur primer nya aja atau jalur sekunder jg kena. trus komponen yg di ganti yg mana aja?? thanks

    BalasHapus
  64. gan ,tv lcd sharp lc 24dc50m ,lampu indikator power hanya kedip kedip warna merah,mohon solusinya ,trims

    BalasHapus
  65. gan ,tv lcd sharp lc 24dc50m ,lampu indikator power hanya kedip kedip warna merah,mohon solusinya ,trims

    BalasHapus
  66. Gan, tv lcd sharp aquos 40 inch lc-40M500M-BK lampunya cuma kedap kedip.. solusinya gimana? Bantu dong.. makasih..

    BalasHapus
  67. Gan tv led saya terkena petir solusinya gmana ???tv nya menggunakan adaptor luar seperti lapto...gmana solusinya ya gan ?

    BalasHapus
  68. Gan, tv saya nyala normal, suara juga jalan. Tapi di layarnya ada bercak putih transparan gitu, awalnya sih kecil, lama2 jadi gede, sekarang udah 1/2 layarnya. Apa itu karena jamuran atau kena debu ya? Solusinya gimana? Makasih ya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. TV LCD Aquos sy jg punya masalah yg sama. Di atas ada pertanyaan yg sama oleh: ifan hellinder15 November 2016 06.37.

      Jawabannya: kemungkinan ada cairan, jd hrs ganti Panel Display.

      Hapus
  69. Gan tv ane sharp aquos yg pake keypad, jadi tombol input, volume & channelnya jd satu, ini masuk mode k nya gmn ya ?

    BalasHapus
  70. INFO: Buat Anda yg lagi mengalami Suatu masalah seperti,
    1.Masalah Ekonomi
    2.Terlilit Hutang
    3.Masalah Rumah Tangga Dlln.
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya memposting hal seperti ini niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidaknya,yg jelas jika anda mengalami kesulitan tdk ada salahnya untuk berusaha menyelesaikan dgn ilmu gaib
    Beberapa contoh bantuan KI BARON
    #.PESUGIHAN
    #.TOGEL
    #.DANAH GHAIB
    #.PELET
    #.Dan Masih banyak Bantuan lainnya...
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775
    Untuk Info lebih jelasnya kunjungi Situs KI BARON Dgn Cara, >>>KLIK DI SINI<<<
    Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda.!

    BalasHapus
  71. mau nanya gan tv ku lampu indikator menggetar dan layar padam ,menggasilkan suara melengking,mohon infonya gan apa yg mau di perhatikan, tr H da aku ganti toh juga sama hasil nya, trims gan

    BalasHapus
  72. mas sy pakai tv lcd sharp aquos32 inch sdh 7 tahunan sy pakai..bru muncul masalah...masalahnya adalah timbul bercak putih selebar tutup aqua..tp makin hari makin melebar,skrng sdh ukuran +- 1 jengkal kali 2 jengkal.(jd seperti mata manusia terkena rabun katarak) jd gmbar sebagian jelas sbagian terhalang rabun.apa solusinya ma? bisakah d perbaiki? terimaksih bnyk mas.slm sukses.

    BalasHapus
  73. Asslam'muallaikum mas,
    mau nanya nih mas.
    Aku punya tv sharp aquos 24inc
    Mau restart dan proses sudah sampai ke huruf K mas.
    Begitu tv nya mau direstart ulang.
    Sebelum mau direstart TV nya malah suka mati sendiri mas.

    Kira kira kerusakanya dimana yah mas dan cara mengatasinya gimana mas ??

    Makasih sebelum atas jawabannya mas.
    Semoga selalu sukses

    BalasHapus
  74. Asslam'muallaikum mas,
    mau nanya nih mas.
    Aku punya tv sharp aquos 24inc
    Model LC 24DC30M
    Mau restart dan proses sudah sampai ke huruf K mas.
    Begitu tv nya sudah mau direstart ulang.
    Sebelum mau direstart TV nya malah suka mati sendiri mas.
    Jadi sebelum sempet direstart TV nya malah mati duluan mas

    Kira kira kerusakanya dimana yah mas dan cara mengatasinya gimana mas ??

    Makasih sebelum atas jawabannya mas.
    Semoga selalu sukses

    BalasHapus
  75. Selamat Idul Adha.
    TV LED Shao 24 inc
    Setiap dimatikan tv saya hidup lagi nggak masuk mati tapi restar sendiri dan semua Chanel hilang. Harus serch lagi... Gimana solosusin???

    BalasHapus
  76. Selamat Idul Adha.
    TV LED Shao 24 inc
    Setiap dimatikan tv saya hidup lagi nggak masuk mati tapi restar sendiri dan semua Chanel hilang. Harus serch lagi... jadinya nggak pernah dimatikan selamanya
    Gimana solosinya???
    Terimakasih bantuannya... Semoga berkahNya untuk agan.

    BalasHapus
  77. bgi yg susah mencari mosfet k4013 dan ic 6754mr,,,hub 0823 8775 5019,,, karna saya ada barang nya.....

    BalasHapus
  78. mas saya mau tanya sharp 32 saya colok usb tv langsung mati power led warna hijau.tolong bantu

    BalasHapus
  79. agan mau nanya agan led sharp aquos ku.,.,gmabar nya putihhh semua,,suara nyala..itu rusak apa nya gan

    BalasHapus
  80. mau tanya ... tv sharp aquos saya tidak bisa masuk ke perangkat tv dan pc ..... bagaimana perbaikinya ya?

    BalasHapus
  81. Assalamualaikum pak, mau nanya tv led saya sharp lc32le2651 lampunya berkedip2, saya udah beli remote asli, saya tekan tombol tv/video pada remote dan tombol vol- di panel tv, tapi kok tetap gak mau tampil menu k nya, mohon sangat solusinya pak, makasih sebelumnya

    BalasHapus
  82. Assalamualaikum..
    Mohon bimbingan sharp lc-22le420ml saat nyala kadang mati sebentar tp indikator ttp hijau,apakah furmware minta diupgrade master..?klo diupgrade tlg minta firmwarenya master..
    Mohon solusinya master trmksih..

    BalasHapus
  83. assalamualaikum wr wb,mohon petunjuknya pak,tv sharplc32l4071 lampu kedip,setelah ikuti petunjuk di atas hidup kelar huruf k,tapi cuma 5 detik mati lagi,saya ulang tetap 5 detik mati lagi,mohon petunjuk lanjutan nya pak.terima kasih....

    BalasHapus
  84. Gan mau tanya nih
    Lcd tv sharp aquos lc32l400m kok yang kedip kedip indikator hijau sih kenapa ya?
    Sekian terima kadih

    BalasHapus
  85. Led sharp 24..klw sudah panas lalu protek dan infikator kedip2...masuk menu service ket temperatur error...mohon solusinya

    BalasHapus